Artikel, Budaya

Sekapur Sirih

Puji tuhan atas kehadirat Allah SWT dengan segala nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita semua. Sehingga serangkaian penulisan ini dapat terselesaikan dengan baik. Meskipun selama proses penulisan ini mengalami beberapa kendala, namun dengan tekad yang kuat kendala kendala yang datang mampu untuk kemudian teratasi.

Mengusung tema budaya nusantara, Bidang Seni Budaya dan Olahraga PC IMM Kota Surakarta berkolaborasi dengan komisariat IMM se-cabang Kota Surakarta berusaha untuk menghadirkan kebudayaan yang ada di nusantara dalam bentuk artikel kebudayaan. Seperti yang kita ketahui bersama, kekayaan seni dan budaya dari bangsa kita sangatlah melimpah. Dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Rote hingga ke Pulau We, semua mempunyai karakteristik dan keunikannya masing-masing. Turun temurun dari nenek moyang, seni dan kebudayaan memiliki nilai historis yang tiada ternilai harganya.

Eksistensi inilah yang kemudian perlu untuk dijaga. Benturan dengan dinamisasi teknologi, informasi dan pemikiran membuat seni budaya yang turun temurun ini tadi mengalami goncangan dalam eksistensinya. Akulturasi budaya yang saat ini menjadi tawaran paling rasional untuk dapat mempertahankan eksistensinya. Bukan bermaksud untuk mereduksi daripada makna seni budaya yang diangkat, namun semata untuk tetap terjaga kelestarianya. Mengkolaborasikan antara budaya modern yang memanfaatkan teknologi dengan budaya klasik tradisional diharapkan mampu untuk mempromosikan budaya budaya yang sudah jarang dilirik lagi.

Berangkat dari problematika eksistensi kebudayaan, maka apresiasi yang tinggi patut untuk diberikan bagi para penulis yang turut berkontribusi untuk menyukseskan agenda kepenulisan ini. Sebab, mencari referensi dan menggali tentang kebudayaan yang mungkin jarang sekali terekspos media sangatlah susah. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat menjadi ladang edukasi bagi generasi muda milenial, terutama bagi kader ikatan maupun khalayak umum. Semakin banyak orang yang peduli dengan eksistensi kebudayan daerah, semakin banyak pula orang yang kemudian bisa mengambil makna serta intisari dari kebudayaan yang diangkat. Meskipun dalam edisi kepenulisan ini tidak menyertakan seluruh seni dan kebudayaan yang ada di nusantara, setidaknya mampu untuk kemudian merepresentasikan nilai-nilai budaya yang adiluhung.

 

Bidang SBO PC IMM Kota Surakarta