News

Aksi Solidaritas :PC IMM Surakarta Kumpulkan Lebih Dari 59 juta

Surakarta Dalam aksi yang dilakukan selama 4 hari, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Surakata menyerahkan donasi untuk Rohingya ke Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah Muhamamdiyah (Lazismu) Kota Surakarta mencapai Rp. 59.792.100, di Balai Muhammadiyah, Jalan Teuku Umar nomor 14, Kota Surakarta, Ahad, (10/9/2017).

Beberapa hari sebelumnya, mahasiswa aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Surakarta terlihat menempati beberapa titik jalan di sekitar kota Surakarta pada Rabu (6/9/2017) dengan membawa kardus-kardus bertuliskan Save Rohingya. Para aktivis yang terdiri dari mahasiswa sekitar Solo Raya tersebut menggelar aksi solidaritas penggalangan dana atas dasar keprihatinan kepada warga Rohingnya yang menjadi korban genosida di Myanmar.

Penggalangan dana diadakan dari hari Rabu sampai Ahad (Minggu). Hari Rabu turun jalan, hari Kamis di fakultas, hari Jumat turun jalan lagi. Hari Sabtu di kampus. Hari Ahad di tempat cfd, ada konser kemanusiaan akbar Ungkap Arif Rahman Prasetyo selaku Ketua Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat IMM Kota Surakarta dan juga koordinator aksi.

Penanggungjawab Penggalangan Dana IMM Kota Surakarta, Arif Prasetyo, mengatakan donasi ini salah satu bentuk komitmen kader IMM untuk membantu saudara muslim di Rohingya. Kader IMM, kata dia, banyak yang turun langsung ke jalan-jalan untuk aksi penggalangan dana tersebut.

Mahasiswa harus melek dan mendermakan diri pada kasus-kasus kemanusiaan, dan harus mendesak pemerintah buat ambil pengawalan sikap advokasi kesana (baca : Myanmar), kata Ketua Umum PC(Pimpinan Cabang) IMM Surakarta sekaligus penanggung jawab aksi penggalangan dana, Taufik Aryadi.

Aksi penggalangan dana diharapkan mampumenggerakkan mahasiswa dan menarik simpati masyaraakat yang melintas di jalan terutama masyaraakat Solo untuk benar-benar mengerti tentang pentingnya peduli satu sama lain. Serta memfasilitasi masyarakat Solo yang hendak memberikan bantuan kepada warga Rohingya di Myanmar.