News

SIKAP PC IMM KOTA SURAKARTA TERHADAP ISU PENDIRIAN CABANG BARU

Redaksi

immsurakarta – Detik-detik berakhirnya periodesasi PC IMM Kota Surakarta periode 2015-2016, perjalanan IMM Cabang Kota Surakarta diwarnai dengan adanya wacana pendirian Cabang baru. Wacana pendirian Cabang baru tersebut, disampaikan oleh IMMawan/ti IAIN Surakarta. Hanya saja, pada saat Musyawarah Cabang XXXIV IMM Kota Surakarta tertanggal 13-23 Juni 2016, wacana pendirian Cabang baru ini sempat tidak terdengar lagi. Namun, wacana ini, kembali muncul pada periodesasi PC IMM Kota Surakarta periode 2016-2017.

Dalam rangka tabayyun terhadap adanya wacana tersebut, tercatat telah terjadi beberapa kali rapat, yaitu : Rapat BPH PC IMM Kota Surakarta, rapat audiensi dengan PK IMM Djazman Al Kindi, rapat audiensi dengan DPD IMM Jawa Tengah, ataupun rapat audiensi dengan PDM Kota Surakarta. Berbagai macam rapat tersebut, memang sengaja diadakan secara khusus dan intens.

Bertempat di Balai Muhammadiyah Kota Surakarta, kemarin (22/09) akhirnya PC IMM Kota Surakarta beserta seluruh PK IMM se-Cabang Kota Surakarta pun melakukan pernyataan sikapnya. Pernyataan sikap ini muncul dikarenakan telah diterimanya undangan pelantikan atasnama PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta kepada PC IMM Kota Surakarta, PK IMM se-Cabang Kota Surakarta dan Organisasi Otonom tingkat Daerah di Kota Surakarta. Berkenaan dengan wacana pendirian Cabang baru ini, PDM Kota Surakarta telah menentukan sikapnya pada saat Rapat Audiensi dengan PC IMM Kota Surakarta (20/08). Adapun sikap resmi PDM Kota Surakarta yaitu hanya menghendaki adanya satu PC IMM di Kota Surakarta serta tidak mengizinkan berdirinya Cabang baru di Kota Surakarta

Pada kesempatan tersebut (pernyataan sikap bersama – red), IMMawan Alif Syuhada selaku Ketua Umum PC IMM Kota Surakarta menyampaikan bahwa “ada sembilan poin perhatian dari IMM Cabang Kota Surakarta yang kemudian menghasilkan tiga pernyataan sikap kita”. Rencananya, Surat Pernyataan Sikap ini akan ditembuskan kebanyak pihak.

Adapun tiga sikap PC IMM Kota Surakarta beserta seluruh PK IMM di bawahnya adalah

  1. Menolak pendirian IMM Cabang Ahmad Dahlan Kota surakarta di IAIN Surakarta,
  2. Menuntut kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM untuk mencabut kembali Surat Keputusan pendirian IMM Cabang Ahmad Dahlan Kota Surakarta,
  3. Menuntut Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM jawa Tengah untuk mencabut kembali Surat keputusan Pengesahan Pimpinan Cabang IMM Ahmad Dahlan kota Surakarta.

“Surat pernyataan sikap ini merupakan bentuk keputusan final PC IMM Kota Surakarta terhadap upaya-upaya pendirian cabang baru di Kota Surakarta yang tidak mengikuti cara-cara yang baik dan sah, sekaligus memberikan teladan agar hal semacam demikian tidak di tiru oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun” imbuhnya.


Penulis : IMMawan Mahfudh Ali Haidar

Editor : IMMawan Afriza Meigi Zukhruf